Langsung ke konten utama

Tugas II Praktikum Algoritma & Pemrograman II

Assalamualaikum wr.wb.

Sekedar membantu dan ngeshare buat yang ga bisa ngedownload tugas tambahan alpro kita, jadi saya tulis disini, semoga bermanfaat.



Terdapat sebuah mesin penjual perangko. Pembeli memasukkan uang, dan mesin mengeluarkan sejumlah perangko dan uang kembalian (jika ada). Perangko yang dijual oleh mesin ada tiga macam: 5000, 1000, dan 500.
Contoh: Pengguna memasukkan uang sejumlah 12600. Mesin mengeluarkan 2 lembar perangko 5000, 2 lembar perangko 1000 dan selembar perangko 500 serta kembalian 100.

1: Buatlah program yang mensimulasikan mesin penjual perangko tersebut dengan asumsi: masukan user selalu valid, tidak ada batas jumlah perangko yang dimiliki mesin.
Contoh keluaran:
Masukkan uang : 10550
Perangko anda :
  5000 : 2 lembar
  1000 : 0 lembar
  500  : 1 lembar
Kembalian : 50

2. Modifikasi program pada no 1 sehingga jumlah perangko yang tersedia pada mesin terbatas : 10 lembar 5000, 10 lembar 1000, dan 10 lembar 500. Tampilkan stok perangko sebelum dan sesudah transaksi.
Contoh keluaran:
Stok perangko :
  5000 : 10 lembar
  1000 : 10 lembar
  500  : 10 lembar

Masukkan uang : 55000
Perangko anda :
  5000 : 10 lembar
  1000 : 5 lembar
  500  : 0 lembar
Kembalian : 0

Sisa stok :
  5000 : 0 lembar
  1000 : 5 lembar
  500  : 10 lembar


3. Modifikasi program pada no 2. Stok perangko sekarang disimpan dalam sebuah file teks. Program membaca nilai stok perangko dari file pada saat start, dan menuliskan sisa stok setelah melakukan penjualan.
Contoh keluaran:
Stok perangko :
  5000 : 10 lembar
  1000 : 10 lembar
  500  : 10 lembar

Masukkan uang : 55000
Perangko anda :
  5000 : 10 lembar
  1000 : 5 lembar
  500  : 0 lembar
Kembalian : 0

Sisa stok :
  5000 : 0 lembar
  1000 : 5 lembar
  500  : 10 lembar


Eksekusi berikutnya:
Stok perangko :
  5000 : 0 lembar
  1000 : 5 lembar
  500  : 10 lembar

Masukkan uang : 55000
Perangko anda :
  5000 : 0 lembar
  1000 : 5 lembar
  500  : 10 lembar
Kembalian : 45000

Sisa stok :
  5000 : 0 lembar
  1000 : 0 lembar
  500  : 0 lembar


Instruksi tambahan:
·         Gunakan komentar untuk menuliskan nama & nim anda pada file kode.
·         Beri komentar secukupnya untuk menjelaskan kode program anda.
·         Buat laporan singkat yang berisi permasalahan, algoritma anda beserta penjelasannya.
Deliverable:
·         Laporan tercetak
·         3 buah file .pas
·         3 buah file .exe nah itu dia soalnya...

     lumayan sulit seh..tapi saya coba ngerjain deh(sok bisa neh..--')...
     insyaallah hasilnya saya posting disini juga (ga tau deh spa nanti gue contek --')

     wassalamualaikum wr.wb.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seperti Ali dan Fatimah

hai terima kasih udah mendengarkan dan sabar ya, dia gak akan kemana-mana kok, yang udah dituliskan di tinta-Nya, pasti akan ketemu, meskipun kamu sekarang keesepian, melihat teman2 udah gak sendirian, tapi kamu hebat kok, bisa menjaga cuma untuk yang halal nanti, sabar ya, tapi semesta tau, kalo kamu pengen banget diperhatiin, disayangin, dimanjain, ngeliat temen lain udah pada dapat itu, gapapa kok, bertahan aja, gak usah iri, apalagi sama pasangan yg belum halal, ohya, kamu tau kisah cinta palng romantis beberapa abad yg lalu? mereka berdua sama-sama bersabar, menahan rasa yg terus membuncah, padahal rasa itu tumbuh udah mulai kecil,

3.1.a.8.2. Blog Rangkuman Koneksi Antar materi - Modul 3.1

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,  Saya Muhammad Fajri Romadhoni, S.Kom calon guru penggerak Angkatan 8 dari SMPIT Ar Rahman Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan.  Saya ucapkan terimakasih kepada Fasilitator yaitu Bapak Subiarto, M.Pd yang telah membimbing dan senantiasa memotivasi dalam setiap tahapan belajar saya dalam menempuh Pendidikan Guru Penggerak.  Saya juga ucapkan terimakasih kepada pengajar praktik Bapak Alfian Wahyuni, S.Pdi yang selalu mendampingi dan menjadi teman berbagi baik saat menempuh Pendidikan guru penggerak maupun dalam hal lain berkenaan dengan perkembangan pendidikan.  Saya juga ucapkan terimaksih kepada rekan CGP angkatan 8 yang senantiasa berkenan berbagi dan berkolaborasi dalam setiap tahapam PGP. Saya kali ini saya akan membuat rangkuman dari proses perjalanan pembelajaran saya sampai saat ini pada program guru penggerak dengan berpedoman pada pertanyaan berikut ini. Bagaimana filosofi Ki Hajar Dewantara dengan Pratap Triloka memiliki kaitan d

Garis Misterius

Anggap saja dihadapan kita ada sebuah papan tulis, di tangan kita spidol merek ternama memaksa kita untuk menggambar sebuah garis panjang di depan. Garis tersebut memanjang mulai ujung papan sebelah kiri hingga ujung sebelah kanan. Jika diukur, menggunakan pengukur yang ada di meja, menunjukkan angka satu meter. Lagi-lagi tangan kita terpaksa membagi garis panjang tersebut menjadi tiga bagian. Bagian pertama dan ketiga hampir sama panjanganya. Namun, tangan kita membuat bagian yang kedua, yang berada di tengah lebih kecil. Bahkan sangat kecil dibanding yang lain. "Tahukah kalian?" tiba-tiba suara muncul. Reaksi kita tentu kaget. Lah, bagaimana tidak, persepsi kita pasti kalau ada suara tanpa ada sumber suara berarti itu... "Tahukah kalian?" lagi-lagi muncul. "Ehh, enggak. Enggak tahu," anggap saja kita menjawab demikian. "Garis di papan itu adalah garis waktu." "Eh. Eh,,, iya, " anggap saja kita akting gu