Langsung ke konten utama

Sekedar Coretan Kecil Bisa Merubah Dunia

            Anda kenal ibnu sina atau mungkin imam syafi i ?? tidak kenal ?? kalau Britney spears atau avril lavigne, ariel peterpan, sule, parto pasti kenal yak?? Hihi.. ya begitulah anak gaul jaman sekarang yang mereka pikirkan Cuma hiburan …(kayak saya enggak aja). Tapi hiburan itu memang perlu sih tapi yaa jangan juga dijadikan suatu focus. Jadikan hiburan itu cuma sekedar fasilitas penghilang penat setelah kita melakukan tujuan utama kita.
            Duh,, kebanyakan ngelantur yaa..soryy nie kalo tulisan saya ga resmi gini soalnya moodnya ya lagi pengen bikin tulisan kayak gini. Gapapa kan yak…peace…^^V
            Langsung ke intinya…..(Ayoo seriuss donn !! >.<)
            Kalau kita mengenal sejarahnya ibnu sina, beliau adalah seorang ahli ilmu pada jamannya dan sangat disegani di masyarakat sekitarnya. Beliau juga disebut oleh masyarakat dunia ………… hingga sekarang. Anda tahu kenapa? Itu karena beliau mengabadikan sesuatu yang ada dalam pikirannya dalam sebuah kertas. Sebuah tulisan. Jikalau bapak “Avicenna”-julukan yang diberi oleh orang barat- tidak mau menulis apa yang ada dalam pikirannya pasti kita sudah melupakan beliau karena tidak ada bukti-bukti abadi yang bisa menjelaskan ilmu yang beliau pelajari selain dari cerita-cerita rakyat yang simpang siur dan juga belum pasti keakuratannya.
            Kita beralih ke imam syafi’I yang terkenal hingga sekarang. Kenapa bisa terkenal hingga sekarang?? Yaa, pasti anda bisa menjawabnya. Sekali lagi itu karena sebuah pengabadian pola pikir dan analisa beliau tentang hadits-hadits yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW. Dimana pengabadian tersebut? Yup!! Sebuah tulisan!!!
            Begitu hebatnya dan magisnya sebuah rangkaian kata yang disusun secara rapi bisa membuat orang berubah. Begitu hebatnya sebuah pola pikir yang dituangkan kedalam lembaran-lembaran bisa membuat perubahan tingkah laku masyarakat. Begitu hebatnya sebuah sejarah kehidupan yang tidak sengaja tertulis dalam secarik kertas bisa mengubah pola pikir masyarakat dunia. Ya !! Sekali lagi itu hanya karena sebuah TULISAN !!
            Satu contoh lagi yang membuat tulisan bisa membuat orang terkapar. Surat cinta !! (ciiieee) Jadi sekedar saran untuk anda-anda yang berwajah pas-pasan jangan langsung mengatakan cinta lewat kata kata langsung tapi coba deh tanpa ketemu tapi anda terlebih dahulu membuat surat cinta kepada si dia. Kata-katanya harus puitis dan romantic yak..supaya langsung jatuh hati gitu…n ingat kata-kata dibawahnya langsung nikah aja ga usah pake pacaran dulu nanti kalau si cewek ngeliat wajah anda yang pas-pasan keburu kabuur…hihihi…(saran yang menyesatkan……ckckckck…..)
Oke kembali keseriusan yang tadi sempat terganggu oleh masalah percintaan.. Dan itulah yang membuat saya tertarik menulis. Karena saya sempat mempunyai keinginan untuk merubah dunia dari keterpurukan (whahahaha….tinggi dan mengkayal bangett..). Tapi akhirnya saya sadar karena saya bukan keturunan presiden dan juga bukan seorang yang sedang menjabat jadi presiden. Tapi, tunggu dulu, itu semua masih bisa terwujud walaupun Cuma 0.0000001%. Yup, melalui tulisan.
Persentasi yang Cuma 0.000001% bisa ditingkatkan menjadi 0.01% atau 1% atau 10% dan bahkan menjadi 100% tergantung kualitas dan tulisan apa yang akan saya buat. Oleh karena itu saya tertarik bergabung dengan Forum Lingkar Pena yang merupakan organisasi kepenulisan dan bergerak di bidang dakwah islam. Yup, ini dia yang saya cari,, saya ingin belajar mendalam mengenai kepenulisan dan bagaimana meningkatkan tingkat kualitas tulisan saya yang amburadul seperti yang anda baca saat ini.
Dan juga menjadi tujuan saya untuk mengemban misi yang diamanahkan dari  Nabi Muhammad SAW kepada seluruh umatnya karena di salah satu ayat alquran terdapat sebuah ayat yang mengatakan bahwa kita ini adalah umat yang terbaik. Betapa ge-er nya kita disebut oleh Allah Swt sebagai umat terbaik. Tapi apakah cukup sampai situ ayat tersebut?? Tidak !! ayat selanjutnya mengatakan bahwa umat terbaik adalah umat yang menyuruh kepada kebaikan dan mencegah kepada kemungkaran. Ya, kita akan jadi umat terbaik dengan syarat kita harus selalu menyeru kebaikan dan mencegah segala bentuk keburukan kepada setiap orang.
Mungkin disinilah kemampuan saya untuk bagaimana tetap menjalankan misi rasulullah ini dengan sebuah tulisan-tulisan yang bisa menggugah hati manusia agar menuju jalan kebaikan kepada Allah Swt dan juga mencegah kemungkaran dimana apabila tidak dicegah bisa mengakibatkan manusia tersebut dapat mencicipi nikmat panas yang diberikan di neraka. Naudzubillah…--‘
Inilah sebuah tulisan yang sengaja saya tulis dalam waktu yang tinggal satu jam lagi sebelum wawancara dimulai. Saya memang bukan ibnu sina yang bisa melahirkan buku-buku kurang lebih sebanyak 250 buah terhebat sepanjang masa. Dan juga saya bukan seorang Imam Syafi’I yang hingga sekarang tulisannya dikenal oleh masyarakat banyak. Tapi saya hanya seorang bocah biasa yang berusaha melakukan yang terbaik demi menjalankan misi dakwah ini.
Ya Allah semoga saya tetap istiqomah di jalan ini. Amieeenn.

(Minggu, 2 Oktober 2011, 10.30 WITA..telat setengah jam untuk mengadiri sesi wawancara sebagai syarat masuk keanggotaan dalam Forum Lingkar Pena cabang Banjarbaru)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seperti Ali dan Fatimah

hai terima kasih udah mendengarkan dan sabar ya, dia gak akan kemana-mana kok, yang udah dituliskan di tinta-Nya, pasti akan ketemu, meskipun kamu sekarang keesepian, melihat teman2 udah gak sendirian, tapi kamu hebat kok, bisa menjaga cuma untuk yang halal nanti, sabar ya, tapi semesta tau, kalo kamu pengen banget diperhatiin, disayangin, dimanjain, ngeliat temen lain udah pada dapat itu, gapapa kok, bertahan aja, gak usah iri, apalagi sama pasangan yg belum halal, ohya, kamu tau kisah cinta palng romantis beberapa abad yg lalu? mereka berdua sama-sama bersabar, menahan rasa yg terus membuncah, padahal rasa itu tumbuh udah mulai kecil,

3.1.a.8.2. Blog Rangkuman Koneksi Antar materi - Modul 3.1

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,  Saya Muhammad Fajri Romadhoni, S.Kom calon guru penggerak Angkatan 8 dari SMPIT Ar Rahman Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan.  Saya ucapkan terimakasih kepada Fasilitator yaitu Bapak Subiarto, M.Pd yang telah membimbing dan senantiasa memotivasi dalam setiap tahapan belajar saya dalam menempuh Pendidikan Guru Penggerak.  Saya juga ucapkan terimakasih kepada pengajar praktik Bapak Alfian Wahyuni, S.Pdi yang selalu mendampingi dan menjadi teman berbagi baik saat menempuh Pendidikan guru penggerak maupun dalam hal lain berkenaan dengan perkembangan pendidikan.  Saya juga ucapkan terimaksih kepada rekan CGP angkatan 8 yang senantiasa berkenan berbagi dan berkolaborasi dalam setiap tahapam PGP. Saya kali ini saya akan membuat rangkuman dari proses perjalanan pembelajaran saya sampai saat ini pada program guru penggerak dengan berpedoman pada pertanyaan berikut ini. Bagaimana filosofi Ki Hajar Dewantara dengan Pratap Triloka memiliki kaitan d

Garis Misterius

Anggap saja dihadapan kita ada sebuah papan tulis, di tangan kita spidol merek ternama memaksa kita untuk menggambar sebuah garis panjang di depan. Garis tersebut memanjang mulai ujung papan sebelah kiri hingga ujung sebelah kanan. Jika diukur, menggunakan pengukur yang ada di meja, menunjukkan angka satu meter. Lagi-lagi tangan kita terpaksa membagi garis panjang tersebut menjadi tiga bagian. Bagian pertama dan ketiga hampir sama panjanganya. Namun, tangan kita membuat bagian yang kedua, yang berada di tengah lebih kecil. Bahkan sangat kecil dibanding yang lain. "Tahukah kalian?" tiba-tiba suara muncul. Reaksi kita tentu kaget. Lah, bagaimana tidak, persepsi kita pasti kalau ada suara tanpa ada sumber suara berarti itu... "Tahukah kalian?" lagi-lagi muncul. "Ehh, enggak. Enggak tahu," anggap saja kita menjawab demikian. "Garis di papan itu adalah garis waktu." "Eh. Eh,,, iya, " anggap saja kita akting gu